VISI, MISI, DAN TUJUAN MTsN BANTAENG


 
A.  Visi MTsN BANTAENG
“UNGGUL DALAM PRESTASI DAN BERAKHLAKUL KARIMAH”
B.    Misi MTsN Bantaeng
1.     Mewujudkan Kedisiplinan dalam Lembaga Madrasah;
2.    Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif dan efisien yang berorientasi pada peningkatan mutu; 
3.    Membina Keterampilan (Life Skill) sesuai denganpotensi Siswa;
4.    Membudayakan Kiwa Uswatun Khasanah dalam Sehari-Hari;
5.    Menerapkan Budaya Manajemen Transparansi, Partisipatif dan Kekeluargaan;
6.    Mengupayakan Sarana dan Prasarana sebagai petunjang Proses Belajar Mengajar dan Menciptakan Lingkungan Madrasah ;
C.   Tujuan MTsN BANTAENG
1.      Umum
Sesuai dengan tujuan pendidikan dasar sebagaimana dirumuskan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu “Meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
2.     Khusus
Dalam pencapaian tujuan umum tersebut, dilaksanakan program secara bertahap dan berkelanjutan, yaitu:
a.    Jangka Pendek (1 Tahun)
1)     Terciptanya manajemen madrasah yang tertib dan teratur;
2)    Terciptanya kepemimpinan madrasah yang berwibawa dan kharismatik;
3)    Siswa dibiasakan dengan kegiatan yang bernuansa keagamaan di madrasah, antara lain tadarus Alquran atau berdoa bersama pada awal/akhir pembelajaran di kelas;
4)    Siswa bebas buta aksara Alquran dengan persentase 90%;
5)    Menugaskan tenaga pendidik/tenaga kependidikan sesuai bidang keahliannya;
6)    Terciptanya pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan melalui pendekatan pembelajaran kontekstual dan berbasis IT;
7)    Prestasi akademik tahun pelajaran 2018/2019 s.d 2021/2022 meningkat secara signifikan;
8)    Menjalin kerja sama dengan orang tua siswa, masyarakat, instansi/lembaga terkait dan dunia usaha dalam rangka pengembangan program pendidikan;
9)    Memiliki tim Gugus Depan (Gudep) Pramuka dengan kegiatan pelatihan yang tertib dan berkesinambungan serta dapat bersaing di tingkat kota;
10)  Memiliki tim Palang Merah Remaja (PMR) dengan kegiatan pelatihan yang tertib dan berkesinambungan serta dapat bersaing di tingkat kota;
11)   Memiliki tim kesenian dan olahraga dengan kegiatan pelatihan yang tertib dan berkesinambungan serta dapat bersaing di tingkat kota;
12)  Memiliki alat marching band untuk siswa;
b.    Jangka Menengah (4 Tahun)
1)     Siswa bebas buta aksara Alquran dengan persentase 70%;
2)    Memiliki 50% siswa yang hafal Juz ‘Amma;
3)    Tercapainya Nilai Ujian Nasional dan Ujian Madrasah pada setiap mata pelajaran di atas standar kelulusan yang telah ditetapkan BSNP;
4)    Memiliki sarana pendukung pembelajaran berupa peralatan multimedia yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran;
5)    50% siswa dapat belajar mandiri melalui internet;
6)    Menciptakan bilingual day/penggunaan bahasa asing (Arab dan Inggris) di lingkungan madrasah serta mengefektifkan meeting dan nadwah dalam bahasa Inggris dan Arab;
7)    Masuk tim favorit kepramukaan di tingkat kota dan dapat bersaing di tingkat provinsi;
8)    Masuk tim favorit kepalangmerahan di tingkat kota dan dapat bersaing di tingkat provinsi;
9)    Masuk tim favorit grup kesenian dan olahraga di tingkat kota dan dapat bersaing di tingkat provinsi;
10)  Memiliki tim olimpiade MIPA dan KIR yang dapat bersaing di tingkat kota;
11)   Memiliki grup marching band dengan kegiatan pelatihan yang tertib dan berkesinambungan dan dapat diperhitungkan di tingkat kota;
12)  Terlibatnya seluruh stakeholders madrasah secara aktif dalam pengelolaan madrasah berdasarkan prinsip kepercayaan, keterbukaan, dan bertanggung jawab;
13)  Terciptanya lingkungan madrasah yang kondusif, bersih, indah, dan rindang;
14)  Terpilih sebagai madrasah teladan di tingkat provinsi.
c.     Jangka Panjang (8 tahun)
1)     75% lulusan dapat diterima di sekolah lanjutan favorit;
2)    Siswa bebas buta aksara Alquran dengan persentase 100%;
3)    Memiliki 75% siswa yang hafal Juz ‘Amma dan surah Yaasin;
4)    Memiliki 50% siswa yang mampu bercakap dalam bahasa Inggris/Arab;
5)    Memiliki sarana pendukung pembelajaran berupa peralatan multimedia yang lengkap dan dimanfaatkan guru secara efektif dan efisien;
6)    90% siswa dapat belajar mandiri melalui internet;
7)    Memiliki tim olimpiade MIPA dan KIR yang dapat bersaing di tingkat provinsi;
8)    Memiliki tim kepramukaan yang mampu bersaing di tingkat provinsi;
9)    Memiliki tim kepalangmerahan yang mampu bersaing di tingkat provinsi;
10)  Memiliki grup kesenian dan olahraga yang mampu bersaing di tingkat provinsi;
11)   Memiliki tim marching band yang mampu bersaing di tingkat provinsi;
12)  Menjadi Madrasah Model dan Madrasah Unggulan di Tingkat Provinsi.
Tujuan madrasah tersebut secara bertahap akan dimonitoring, dievaluasi, dan dikendalikan setiap kurun waktu tertentu, untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Madrasah sebagai berikut:
1.     Meyakini, memahami, dan menjalankan ajaran agama Islam;
2.    Memahami dan menjalankan hak dan kewajiban untuk berkarya dan memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab;
3.    Berpikir secara logis, kritis, kreatif, inovatif dalam memecahkan masalah, serta berkomunikasi melalui berbagai media;
4.    Menyenangi dan menghargai seni;
5.    Menjalankan pola hidup bersih, bugar, dan sehat;
6.    Berpartisipasi dalam kehidupan sebagai cerminan rasa cinta dan bangga terhadap bangsa dan tanah air.
Selanjutnya, atas keputusan bersama pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik, SKL tersebut secara lebih rinci dijabarkan sebagai profil siswa MTsN Bantaeng sebagai berikut:
1.     Mampu menampilkan kebiasaan sopan santun dan berbudi pekerti sebagai cerminan akhlak mulia dan iman taqwa;
2.    Mengembangkan potensi akdemik, minat, dan bakat siswa melalui layanan bimbingan dan konseling serta kegiatan ekstrakurikuler;
3.    Membiasakan perilaku islami di lingkungan madrasah dan masyarakat;
4.    Mampu berbahasa Inggris dengan baik;
5.    Mampu berbahasa Arab dengan baik;
6.    Mampu mengaktualisasikan diri dalam berbagai seni dan olah raga, sesuai pilihannya;
7.    Mampu mengoperasikan komputer untuk program microsoft word, microsoft excel dan Visual Basic dan mampu mengakses informasi melalui internet;
8.    Mampu melanjutkan ke MA/SMA/SMK terbaik sesuai pilihannya melalui pencapaian target pilihan yang ditentukan sendiri.
9.      Mampu bersaing dalam mengikuti berbagai kompetisi akademik dan non akademik di tingkat kecamatan, kota, propinsi, dan nasional.

Share:

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Msh perlu di pelajari dan dilengkapi......

      Hapus
  2. Sudah lama ditunggu tunggu kehadiran blognya MTsN Bantaeng. Alhahmdulillah skrg sdh.mantap pak fadli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdh dpt diuji coba besok insya Allah. berita utamax Upacara Bendera hari Senin...he he he....

      Hapus

MEDIA PEMBELAJARAN PPKn

CARI ARSIP BERITA

Arsip Berita

Arsip Berita

VIDEO / YOUTUBE

Total Tayangan Halaman

FOLLOWERS

Terjemahan